Jurnal penelitian keperawatan kontemporer (JPKK) adalah jurnal resmi dari Program Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya. Jurnal ini adalah jurnal open akses,  peer-review dan terbit 6 bulan sekali (2x/tahun). Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer bertujuan untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian perawat klinis, dosen, dan mahasiswa keperawatan dan berkontribusi untuk pengembangan ilmu keperawatan dari perspektif Indonesia.

Jurnal penelitian keperawatan kontemporer (JPKK) berfokus pada keperawatan (Medikal Bedah, Gawat Darurat, Anak, Maternitas, Jiwa, Gerontik, Manajemen, Keluarga dan Komunitas) dan secara khusus terkait pendidikan profesi dan kurikulum keperawatan, terapi komplementer dalam keperawatan, inovasi dalam keperawatan, trend dan isu keperawatan terkini.

Jurnal penelitian keperawatan kontemporer (JPKK) menerima artikel hasil penelitian (kuantitatif, kualitatif dan mix-method) maupun literature review. JPKK tidak menerima artikel yang sudah atau sedang dipublis dijurnal lain.

Semua manuskrip yang disubmit di JPKK terlebih dahulu dikaji oleh tim editorial terkait kesesuaian ruang lingkup dan kualitas. Jika tim editorial telah memutuskan bahwa naskah anda memiliki kualitas yang cukup dan sesuai dengan ruang lingkup jurnal JPKK maka manuskrip anda akan dikirim untuk proses review, JPKK menggunakan double blind peer-review . Double blind peer-review yaitu metode review oleh teman sejawat seprofesi/sebidang terhadap satu artikel ilmiah yang akan dipublikasikan didalam jurnal ilmiah, dimana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang ia sedang review dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang mereview artikelnya. Untuk memastikan proses ini berjalan maka tim editorial harus menghilangkan identitas baik penulis maupun reviewer sebelum artikel itu dikirim ke reviewer ataupun ke penulis korespondensi. Proses ini akan direview oleh minimal setidaknya satu ahli di bidangnya.

Di JPKK kami berusaha sebaik mungkin agar naskah direview secepat mungkin, untuk memastikan ini reviewer akan diminta hasil reviewnya (komentar dan saran) dalam waktu 2 minggu. Pengambilan keputusan terhadap hasil review dilakukan oleh pemimpin redaksi mengikuti kategori : “Diterima/Diterima dengan revisi minor/Revisi besar/Ditolak

Jurnal penelitian keperawatan kontemporer di publis per semester (Januari dan Juli) dengan minimum 5 artikel setiap volume (issue). Artikel yang sudah diterima akan dipublis secara online sebelum versi print.

Sesuai dengan tren dalam publikasi, Kami memeriksa semua naskah manuskrip sebelum masuk pada proses review. Penulis diperingatkan bahwa plagiarisme adalah pelanggaran akademis yang serius. Naskah dengan plagiasi diatas 30% akan dikembalikan ke penulis untuk dilakukan perbaikan sebelum masuk ke proses review (dikirim ke reviewer).