Panduan Penulis

Manuskrip yang dikirim oleh penulis adalah hasil artikel original yang belum pernah dipublis atau sedang dipublis di tempat lain. Artikel yang diterima adalah hasil penelitian (kuantitatif, kualitatif dan mix-method) maupun literature review.

Naskah manuskrip dapat ditulis dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Dalam penulisan manuskrip penulis diharapkan memperhatikan teknik penulisan manuskrip dengan baik dan benar. Jumlah halaman manuskrip tidak lebih dari 14 halaman dan bodi manuskrip menggunakan spasi 1,5 .

Judul manuskrip tidak boleh lebih dari 16 kata, dengan huruf times new roman 14, ditebalkan dan menggunakan huruf kapital setiap kata serta spasi 1. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, diletakan dibawa judul dengan huruf times new roman ukurun 10 dan afiliasi ukuran 9.

Abstrak terdiri dari dua: abstrak indonesia dan abstrak bahasa inggris. Jumlah kata antara 240-270 dan disusun di bawah judul dengan struktur sebagai berikut: Latar Belakang, Tujuan, Metode, Hasil, Kesimpulan.

Kata kunci : maksimal 5 kata/phrase, huruf kapital untuk kata kunci pertama setelahnya huruf kecil 

Bodi manuskrip disusun menjadi lima sub judul dengan urutan sebagai berikut: Latar belakang: meliputi identifikasi masalah, kajian pustaka, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Metode: deskripsi proses jalannya penelitian/ review dilakukan, dan prosedur yang digunakan dalam melakukan sampling dan analisis statistik. Hasil: pemaparan hasil penelitian atau analisis dan dapat disajikan dalam bentuk tabel maupun deskripsi narasi. Pembahasan: Penjelasan dan diskusi terkait temuan. Kesimpulan: Ringkasan dari jawaban dari pertanyaan penelitian, sertakan implikasi terhadap praktik & ilmu keperawatan, selain itu bisa ditambahkan dengan saran untuk penelitian berikutnya.

Daftar pustaka: Daftar pustaka disusun menurut abjad mengacu pada Harvard Style. Untuk memudahkan gunakan aplikasi Mendeley untuk memfasilitasi pencantuman referensi. Referensi yang digunakan harus terupdate yaitu buku maksimal 10 tahun terakhir dan artikel ilmiah maksimal 5 tahun terakhir.

Sesuai dengan tren dalam publikasi, kami memeriksa semua naskah manuskrip sebelum masuk pada proses review. Penulis diperingatkan bahwa plagiarisme adalah pelanggaran akademis yang serius. Naskah dengan plagiasi diatas 30% akan dikembalikan ke penulis untuk dilakukan perbaikan sebelum masuk ke proses review (dikirim ke reviewer). Artikel  yang terpublis di Jurnal penelitian keperawatan kontemporer adalah artikel dengan kategori plagiasi di bawa 30%. Tool plagiasi yang digunakan adalah Checker.