Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN BAGI PENULIS

 

Petunjuk Umum

Jurnal Info Kesemenerima berbagai artikel/ naskah berupa hasil penelitian asli yang relevan, laporan kasus, metaanalisis dengan bidang Kesehatan. Jurnal ini hanya menerima naskah asli dan belum pernah dimuat dalam jurnal lain, atau sedang dikirim ke jurnal lain pada waktu bersamaan, dengan menandatangani surat pernyataan. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka edisi selanjutnya akan dianulir. Penulis utama  harus memastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui naskah yang dikirim. Seleksi naskah dimuat dalam Jurna Info Kesehatan menggunakan sistem peer-review. Semua naskah yang diterima akan dibahas oleh pakar dalam bidang keilmuan yang sesuai dengan dewan redaksi. Naskah yang memerlukan perbaikan dalam format ataupun substansi dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki. Naskah penelitian yag dikirim ke Jurnal Info Kesehatan harus sudah memenuhi kelayakan etik atau aspek penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan.

 

Penulisan Naskah

Naskah dapat ditulis dalam bahas Indonesia ataupun bahasa Inggris. Penulisan naskah dalam bahasa Indonesia hendaknya memenuhi kaidah baku sesuai dengan Pedoman Umum Bahasa Indonesia yang disempurnakan dan Pedoman Umum Penggunaan Istilah. Penulisan dalam bahasa inggris disarankan memperoleh layanan editing bahasa inggris sebelum nasakah dimasukkan ke jurnal. Naskah diketik dengan menggunakan 1,5 spasi pada kertas A4, huruf Times New Roman ukuran 11. Format jarak dari tepi kiri, tepi kanan atas dan bawah 3 cm. Jumlah halaman keseluruhan maksmimal 12 halaman. Awal paragraph dibuat menjorok (indented). Penulisan singkatan untuk pertama kali muncul dalam teks, harus diikuti dengan kepanjangannya. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir. Artikel dikirimkan dalam bentuk  1 berkas hardcopy, softcopy (CD) ditulis nama  file dan program yang dipergunakan pada label CD, disertai surat permohonan pemuatan artikel. Sistematika penulisan hendaknya memenuhi ketentuan berikut :

 

Halaman Judul

Halaman judul berisi judul artikel, nama penulis dengan gelar lengkap, lembaga afiliasi penulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili, serta alamat e-mail. Judul artikel singkat dan jelas dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak untuk setiap naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu paragraf dengan jumlah maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia dan 250 kata untuk bahasa inggris. Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, methods, result and discussion (IMRAD). Penyusunan kata kunci berdasarkan abjad dipilih 3-5 buah kata.

 

Tabel

Tabel disusun berurutan dengan jumlah tabel maksimal 6 buah. Setiap tabel harus diberi nomor dan judul singkat sesuai dengan urutan penyebutan dalam naskah. Temaptkan penjelasan dan singatan pada keterangan tabel, bukan pada judul tabel.

 

Foto/Gambar

Foto/ Gambar disusun berurutan dengan jumlah foto/gambar maksimal 6 buah. Foto orang yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis. Bila gambar diperoleh dari sumber/orang lain atau berupa ilustrasi yang sudah pernah dipublikasi harus diberi acuan. Nomor urut dan judul gambar harus ditulis sesuai pemunculan di dalam naskah.

 

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih (jika ada) dapat diberikan kepada kontributor penelitian tanpa menulis gelar.

 

Daftar Pustaka

Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan Harvard style, menurut abjad. Jumlah rujukan maksimal 20 buah, dikutip berjangka waktu maksimal 10 tahun terakhir. Nama semua penulis dicantumkan bila jumlahnya tidak lebih dari 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama selanjutnya dkk. Rujukan diupayakan 80 % bersumber dari jurnal dan maksimal 20 % buku ajar. Rujukan dari makalah yang sudah dikirim untuk publikasi, tetapi belum terbit dapat digunakan sebagai rujukan dengan keterangan “in press”. Penulis melampirkan halaman terdepan dari jurnal, halaman terdepan dari bab, dan halaman terdepan dari buku yang digunakan, disusun  sesusai urutan penomoran.

 

Cara penulisan :

Buku teks

Merna T. dan F. F. Al-Thani. 2008. Corporate Risk Management. 2nd ed. John Welly and Sons Ltd. England.

 

Buku Teks Terjemahan

Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. Sage Publication. California. Terjemahan A. Fawaid. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan I. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

 

Buku terbitan Lembaga/ Badan/ Organisasi

Balitbang Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

 

 

Artikel Dalam jurnal

Veronica, S. dan Y.S. Bchtiar. 2005. Pospartum Blues. Jurnal Internasional Journal of Midwifery 2(1):159-172.

 

Artikel Seminar/Simposium (cetak lepas)

Kalana, I.S. Ngumar, dan I.B.Riharjo.2012. Pengaruh pemberian jahe terhadap pengurangan mual pada ibu hamil TM I. Simposium Nasional Kebidanan XV Banjarmasin. 20-23 September: 1-10.

 

Skripsi/Tesis/Disertasi

Sams, N. 2012.Pengaruh Pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Penyakit Ruam Popok. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan Stikes Surabaya.

 

Cara pengiriman artikel

Penulis mengirimkan 1 berkas softcopy ditulis nama file dan program yang dipergunakan pada label CD, disertai surat permohonan pemuatan artikel. Yang ditujukan kepada penanggung jawab redaksi dengan alamat :

 

Redaksi Jurnal Infokes

Jl. Medokan Semampir Indah 27 Surabaya

(031) 5913372

Email : jurnal.infokes@gmail.com

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.