Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Kognitif (Tingkat Prestasi) Pada Anak Usia 7-11 Tahun Di SDN Kebun Dadap Timur Kabupaten Sumenep

Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Kognitif (Tingkat Prestasi) Pada Anak Usia 7-11 Tahun Di SDN Kebun Dadap Timur Kabupaten Sumenep

  • eka meiri kurniyati fakultas ilmu kesehatan universitas wiraraja
Keywords: menambahkan daftar pustaka

Abstract

Proses berkesinambungan yang dimulai sejak konsepsi sampai dengan dewasa disebut dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan. tumbuh kembang sudah terjadi sejak kehamilan dimana  pertumbuhan dan perkembangan anak bisa diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan tingkat perkembangan kognitif (tingkat prestasi) pada anak usia 7 sampai 11 tahun di SDN Kebun Dadap Timur Kabupaten Sumenep pada tahun 2019.

Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Populasi yaitu siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 5 di SDN Kebun Dadap Timur dengan jumlah sampel sebanyak 120 anak. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil dari penelitian ini diperoleh  p= 0,058 berdasarkan anak yang menggunakan gadget dengan tingkat prestasi yang dibandingkan dengan tingkat kemaknaan 0,05 maka diperoleh hasil ρ (0,058) > α (0,05). Sehingga dari hasil SPSS didapatkan  H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif (tingkat prestasi) anak usia 7-11tahun di SDN Kebun Dadap Timur Kabupaten Sumenep Tahun 2019.

Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Gadget, Sekolah Dasar

Published
2020-07-30