Perbandingan Peer Group Dan Ceramah Dalam Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS

Keywords: Peer Group, Ceramah, Pengetahuan, HIV/AIDS

Abstract

Penyebaran HIV-AIDS di Indonesia sangat cepat, sehingga Indonesia berada pada situasi epidemi terkonsentrasi. Saat ini tidak ada provinsi di Indonesia yang bebas HIV. Menurut laporan perkembangan HIV-AIDS Kementrian Kesehatan Indonesia hingga 2018 tercatat 14.640 kasus HIV dan 4.725 kasus AIDS. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen murni dengan rancangan one group design with pre-test and post-test. Sampel penelitian ini adalah 70 siswa SMA Negeri 2 Kota Batam. Penelitian ini menggunakan dua (2) kelompok yaitu kelompok yang diberi intervensi metode peer group dan kelompok kontrol yang diberi intervensi metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji-t dependent. Berdasarkan hasil penelitian didapat penyampaian informasi HIV/AIDS melalui metode Peer Group dan metode ceramah terbukti efektif meningkatkan pengetahuan siswa SMAN 2 Kota Batam. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji t dengan nilai p=0,000<0,05 dan Metode Peer Group lebih efektif dari pada metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS. Diharapkan bagi pimpinan SMAN 2 Kota Batam untuk melakukan pembinaan,bimbingan dan arahan kepada siswa dengan menggunakan metode peer group, karena metode peer group lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS.

Published
2019-01-28